Lifestyle / Traveling

KOLEKSI BEGONIA DI KEBUN RAYA BALI

Bali merupakan salah satu obyek wisata yang sangat populer, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Daya tarik terbesar Bali sebagai tempat kunjungan wisata adalah karena pantainya yang terkenal akan keindahannya. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa keindahan alam bukanlah satu-satunya hal yang bisa ditawarkan Bali pada pengunjungnya. Anda bisa menemukan berbagai museum mengenai seni, budaya, dan sejarah Bali. Di Bali, Anda juga bisa menemukan Kebun Raya Eka Karya, yang merupakan tempat yang harus Anda datangi jika Anda adalah penggemar wisata alam.

Kebun Raya ini terletak dekat dengan Danau Bedugul. Kebun ini juga berfungsi sebagai labotarium alam dimana banyak tumbuhan pegunungan tropis ditanam dan dikembangkan. Tempat ini juga terkenal akan koleksi begonianya yang merupakan yang terlengkap.

Kebun Raya Eka Karya terletak 1.250 – 1.450 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisar antara 18 – 20 derajat celcius. Disini, Anda tidak hanya dapat sekedar melihat berbagai flora yang ada, disini Anda juga bisa menikmati segarnya udara pegunungan. Tempat ini memiliki luas 157,5 hektar dimana terdapat berbagai macam flora mulai dari anggrek, mawar, kaktus, tanaman paku, tanaman obat, bamboo bahkan Anda bisa menemukan berbagai tanaman yang diperlukan dalam upacara umat Hindu. Semua tanaman yang ada dirawat sesuai dengan tema atau fungsi dari tanaman tersebut.

Kebun Raya Eka Karya dikatakan memiliki koleksi Begonia terlengkap. Dan pernyataan ini adalah fakta. Di kebun ini, terdapat sebuah taman tematik dengan luas 692,35 meter persegi dimana ratusan jenis Begonia tertata dengan rapi. Di taman ini, Anda bisa menikmati beragam Begonia, mulai dari Begonia yang sederhana sampai dengan Begonia dengan bentuk eksotik yang merupakan hasil persilangan.

Salah satu Begonia yang ada adalah Begonia Bowerae Ripples yang berasal dari Jawa, Yogyakarta tepatnya.Tanaman ini memiliki daun yang lebar dengan 2 warna, hijau pada bagian atas dan merah pada bagian bawah.Selain itu, ada juga Begonia Serratipetala Irmsch yang berasal dari Papua yang memiliki daun berwarna merah yang lancip.

Salah satu Begonia persilangan yang ada di kebun raya ini adalah Begonia Tuti Siregar yang merupakan persilangan antara Begonia Listada X dan Begonia Acetosa. Nama tersebut diambil dari nama karyawan sekaligus istri dari pemimpin Kebun Raya Bali ketika persilangan tersebut dilakukan.

Begonia yang ada disini bukan hanya Begonia yang berasal dari dalam negeri. Disini Anda juga bisa menemukan berbagai Begonia yang berasal dari luar negeri seperti Begonia Obscura Brade yang berasal dari Brasil, Begonia Deliciosa Linden ex Fotsch yang berasal dari Afrika dan Begonia Sizemoreae Kiew yang berasa dari Vietnam. Berdarakan Kadek Rosi Undaharta, salah satu peneliti Begonia, koleksi Begonia yang ada di Kebun Raya Bali berjumlah hingga 356 jenis. We Love Bali.

Tags: , ,