Lifestyle / Traveling

Museum Neka Bali

Bali merupakan salah satu tempat yang sangat terkenal sebagai tempat kunjungan wisata. Ketenaran Bali tidak hanya terbatas di Indonesia saja, karena banyak wisatawan asing dari berbagai negara yang datang untuk melihat segala sesuatu yang ditawarkan oleh Pulau Dewata. Salah satu alasan yang membuat Bali menjadi sangat populer adalah karena pantainya yang indah.

Banyak orang yang mengunjungi Bali untuk karena keindahan pantainya. Tetapi keindahan alam Bali bukanlah satu-satunya hal yang bisa Anda lihat di Bali. Ada banyak hal mengagumkan lainnya yang bisa membuat Anda terpesona, seperti sejarah Bali, budaya, seni dan tradisi. Setiap wisatawan memiliki minat yang berbeda. Sebagian orang mungkin lebih tertarik dengan budaya bali sementara sebagian yang lain lebih tertarik pada sejarahnya.

Salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin mengenal budaya Bali lebih jauh, Anda bisa mengunjungi museum yang ada di Bali.

Sekarang ini, jumlah museum di Bali semakin bertambah yang memungkinkan para wisatawan untuk menikmati seni yang ditampilkan di sana. Selain nilai seni, berbagai barang yang ada di sana juga memiliki nilai sejarah. Selain wisatawan, museum yang ada di Bali juga merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh kalangan yang tertarik dengan seni, baik pecinta seni, kolektor seni maupun kritikus seni.

Museum Neka merupakan salah satu museum yang ada di Bali. Seperti namanya, museum ini merupakan tempat dimana berbagai karya seni Wajan Suteja Neka disimpan, baik karya seni rupa maupun karya seni lukis. Sebagian besar wisatawan mendatangi museum ini karena rasa ingin tahu mereka untuk melihat berbagai karya seni yang disimpan di dalamnya.

Secara garis besar, museuk ini terbagi menjadi 6 bangunan dimana terdapat berbagai karya seni dan barang bersejarah lainnya seperti patung, keris dan karya lukis. Semua karya seni ini kemudian dibagi ke dalam beberapa kelompok baik berdasarkan prestasi yang pernah diraih oleh seniman yang menghasilkan karya seni tersebut ataupun berdasarkan tema yang ada.

Gedung pertama dari Museum Neka memiliki tema gaya seni lukis Bali. Gedung ini sendiri terbagi menjadi 4 ruangan dimana masing-masing ruangan menyimpan berbagai lukisan dengan tema tertentu. Misalnya pada ruangan A, tema yang diambil adalah seni tradisional Bali dimana banyak lukisan yang menggambarkan kejadian dari legenda klasik dari Jawa dan Bali seperti Ramayana dan Mahabrata.

Gedung kedua adalah pavilion Arie Smith yang dibuat sebagai simbol rasa terima kasih pada Arie Smith yang telah bersedia untuk membantu seniman lokal Ubud. Gedung ketiga merupakan ruangan pameran foto sementara gedung empat adalah pavilion Gusti Nyoman Lempad. Gedung kelima merupakan tempat seni lukis kontemporer dan gedung terakhir merupakan tempat dimana seni yang menggabungkan tema barat dan timur. We Love Bali.

Tags: , ,